Thursday, May 29, 2014

Cara Membuat CO2 Murah Meriah

Rasanya tidak lengkap kalau kita punya aquascape tapi kita tidak mempunyai karbondioksida / CO2. Karbondioksia / CO2 berungsi untuk membantu proses tanaman air dalam membantu proses fotosintesis. Jika gas karbondioksida dalam aquarium cukup, dengan diimbangi pupuk dan cahaya yang cukup pula, tanaman dalam aquarium kita akan menjadi segar dan rimbun.
Namun tabung reaktor CO2 ini harganya begitu mahal. Tapi tidak usah kawatir kita bisa membuat gas CO2 itu sendiri. Berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat gas karbondioksida / CO2 :

Alat yang diperlukan 

1. Sediakan botol bekas 1,5 liter beserta tutupnya
2. Sediakan botol bekas 600ml beserta tutupnya 
3. Lem silikon /  lem kaca.
4. Selang kecil kurang lebih yang berukuran 1,5m.
5. Gunting.
6. Solder untuk melubangi tutup botol seukuran selang tersebut.

Bahan yang dibutuhkan

1. Gula Pasir 1/4kg,
2. Ragi roti / fermipan 1sendok teh.

Cara Pembuatan :

1. Buat 1 lubang pada tutup botol 1,5liter dengan menggunakan solder yang telah dipanasi. Buat 2 lubang  pada tutup botol 600ml.
2. Botol 1,5liter beri selang silikon sepanjang ± 40cm atau lebih sesuai kebutuhan, lalu masukan pada lubang di tutup botol. Pada botol 1,5liter sellang tidak boleh terendam air / tenggelam.
3. Hubungkan ujung selang dari botol 1,5liter ke botol 600ml., pada selang dari botol 1,5 masukkan kebotol yang kecil sampai masuk kedalam air / terendam, kemudian selang yang kedua dibotol kecil jangan sampai terendam kedalam air dan ujung selang yang satunya tersebut masukkan kedalam air dalam aqurium tersebut.

 Gambar botol besar

 Gambar botol kecil
 Gambar sudah jadi

5. Hubungkan selang dari lubang kedua atau dari  botol kecil  ke aquarium, beri diffuser stone agar gelembung bisa menyebar secara rata pada aquarium.
6. Cara membuat CO2 adalah ambil air hangat, gula pasir, dan ragi roti / fermipan dan masukkan ke dalam botol besar. Isi air tapi jangan sampai penuh / selang tidak sampai tercelup air. Kocok sampai semuanya tercampur rata.
7. Isi botol kecil dengan air dan sampai selang dari botol besar tercelup ke air, kemudaian selang yang menuju aquarium tidak boleh tercelup oleh air.
8. Tunggulah sekitar 15 - 20 menit gelembung CO2 akan keluar.

Jangan menggunakan ragi roti atau fermipan terlalu banyak dikarenakan CO2 akan mudah cepat habis. Solusi irit membuat CO2 dan selamat mencoba dirumah gan, kemungkinan daya tahan CO2 itu bisa 1 hingga 2minggu. Silahkan dicoba gan mungkin tutorial ini berguna untuk anda semua. tenks. sumber dari  DIY CO2 Murah dan Tahan Lama 




3 comments:

  1. mau tanya gan , itu air di botol kecil lama kelamaan jadi dingin , lalu apa yang harus dilakukan ?

    ReplyDelete
  2. untuk aquascape dengan aliran Co2 biasanya menggunakan filter apa? dan gimana kalo menggunakan top filter? trimakasih

    ReplyDelete